Tips Mengecek dan Merawat Wiper Mobil

Tips Mengecek dan Merawat Wiper MobilAwal-awal postingan dengan kategori mobil di mulai dari komponen-komponen mobil yang ringan-ringan seperti pada sebelum postingan ini yaitu “Tips Merawat AC Mobil” dan “Pemasangan Kaca Film Mobil” kali ini saya akan mempublikasikan Tips Mengecek dan Merawat Wiper Mobil. Wiper berfungsi sebagai pembersih kaca mobil dari air hujan, kotoran dan debu yang menempel di kaca mobil baik itu kaca depan maupun kaca belakang.

Wiper sangat memiliki peranan penting apabila turun hujan, karena selain berfungsi untuk membersihkan air hujan, wiper dapat memaksimalkan jarak pandang akibat turun hujan. Meski perannya penting namun kerap kali para pengguna mobil melupakannya untuk sekedar mengecek dan merawat wiper.

Tidak menutup kemungkinan jika pengguna mengindahkan mengecek dan merawat wiper maka umur pakai wiper tidak lama. Padahal jika dilakukan perawatan secara berkala, umur wiper bisa lebih lama dan tidak memerlukan penggantian jangka pendek. Lalu bagaimana cara mengecek dan merawat wiper mobil yang benar? Berikut tipsnya

Tips Mengecek wiper mobil

Ada 2 poin dalam pengecekan wiper yaitu Karet wiper dan Per yang terdapat pada penyangga wiper. Untuk pengecekan karet wiper pastikan karet yang terdapat pada wiper elastis, tidak keras atau getas. Selain itu periksa juga apakah karet wiper terdapat robekan atau gompal. Meski kecil namun robekan tersebut dapat mengurangi kemampuan wiper membuang air yang terdapat pada kaca mobil.

Selain hal diatas tanda karet wiper tidak berfungsi secara sempurna ketika karet wiper membersihkan air hujan menyisakan bekas-bekas yang dapat menggangu pemandangan si pengemudi.

Jika hal diatas terjadi pada karet wiper mobil anda, itu tandanya minta diganti baru jangan menunda untuk mengganti baru terlebih jika karet sudah mengeras karena dapat menggores dan membuat kaca mobil anda baret-baret. Tidak ada interval waktu yang pasti kapan karet wiper mesti diganti karena semua tergantung pada pemakaian dan perawatannya.

Tips Merawat wiper mobil

Salah satu upaya sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dan merawat kondisi wiper mobil adalah dengan merenggangkan atau mengengkat wiper saat mobil diletakkan atau diparkir di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari yang menyengat kaca akan membuat temperatur kaca naik sehingga wiper yang menempel pada kaca tersebut yang terkena imbasnya.

Terakhir tips merawat wiper mobil pada saat mencuci mobil, pastikan Anda juga membersihkan karet wiper, karena biasanya banyak kotoran bahkan minyak yang menempel pada karet wiper. Setelah dicuci jangan lupa dilap hingga bersih untuk memastikan kotoran tadi ikut terangkat.

Walaupun memang terkesan sepele namun hal ini akan membantu dalam menjaga dan mempertahankan kualitas karet wiper agar usia pakainya lebih lama. Ok saya kira itu semua sudah cukup untuk tips Tips Mengecek dan Merawat Wiper Mobil, jika ada yang ingin ditambahkan atau bahkan mengoreksi silahkan melalui kotak komentar yang berada dibawah postingan ini.

Sekian dan Terimakasih

Tentang Pemilik
rega
Author: regaWebsite: https://www.a-rega.comEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
bottom
Sekilas Tentang Pemilik.
Melalui personal website ini, saya mempublikasikan semua postingan dengan penuh rasa tanggung jawab dan memegang teguh prinsip seorang publisher. https://www.a-rega.com merupakan personal website yang dikelola secara mandiri untuk semua kalangan.
Postingan Terbaru :

Populer Artikel
Archive :
Powered by rega

https://www.a-rega.com

Alamat : Perum Cijingga Permai Blok C No. 10 Cikarang Selatan. Bekasi

Email : admin@a-rega.com

Tlp : +62856 9428 1989

Untuk melihat di MAP Google Silahkan klik disini.

Temui Saya Disini
Visitor

Ikuti dan update artikel maupun berita terkini dari website https://www.a-rega.com langsung ke email anda dengan memasukkan email anda dan klik "Berlangganan"

Copyright © 2012. Rega. All Right Reserved - Designed Modified By Rega