Tips Cara Merawat AC Mobil

Tips Cara Merawat AC MobilAC (Air Conditioner) pada mobil tidak beda hal nya dengan AC konvensional pada umumnya yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk mengondisikan udara / penyejuk udara. Penggunaan AC di dalam mobil dimaksudkan untuk memperoleh temperatur udara yang diinginkan (sejuk atau dingin) dan nyaman bagi penumpang maupun pengemudi mobil tersebut terlebih di tengah cuaca panas.

AC pada mobil selayaknya dirawat secara berkala agar fungsi AC pada mobil dapat bekerja secara maksimal dan komponent AC nya pun setidaknya akan awet. Jika dirasa AC pada mobil anda mengalami kerusakan atau abnormal sebaiknya pengecekan dan perbaikan dilakukan di bengkel spesialis AC. Namun untuk hal perawatan AC ada baiknya anda lakukan sendiri karena sangat sederhana dan cukup mudah jika ada kemauan.

Berikut Tips Cara Merawat AC Mobil :

Jangan menghidupkan mesin mobil ketika posisi AC Mobil "ON" atau sedang menyala karena jika hal ini terjadi maka AKI mobil menerima beban lebih berat jika hal ini terjadi berulang-ulang kemungkinan aki mobil anda akan cepat soak.

Menghidupkan AC tanpa menyalakan mesin adalah kebiasaan yang salah. karena jika hal ini terjadi maka AKI mobil menerima beban lebih berat jika hal ini terjadi berulang-ulang kemungkinan aki mobil anda akan cepat soak. sebaiknya pemilik mobil menyalakan pendingin udara setelah mesin menyala atau dalam keadaan iddle-up

Jangan Matikan AC dalam Waktu Lama, Banyak orang beranggapan bahwa mematikan AC atau jarang menghidupkan AC dalam waktu lama akan menjaga keawetan AC mobil dan membuat bahan bakar irit. Padahal, AC mobil yang tidak pernah dihidupkan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan AC jadi rusak karena selang dan belt AC akan cepet kering dan kinerjanya tidak akan berjalan optimal.

Jagalah kebersihan kabin mobil, Kabin yang jarang dibersihkan akan membuat debu atau kotoran lainnya akan menempel pada permukaan filter AC. Jika terdapat kotoran pada filter AC kemungkinan AC tidak berfungsi dengan normal, seperti misalnya udara yang dihasilkan kurang dingin atau sejuk. Dengan selalu membersihkan lantai atau karpet mobil, udara di kabin mobil menjadi bersih. Sehingga filter kabin tidak cepat kotor dan AC tetap awet.

Buka Kaca Mobil Sebelum Menyalakan AC, Sempatkan untuk membuka kaca sebelum menyalakan AC dan gunakan putaran blower yang tertinggi. Tujuannya, agar uap panas di dalam kabin cepat keluar dan berganti. Sehingga AC bekerja secara maksimum serta mempercepat proses pendinginan kabin.

Jangan Buka Kaca Mobil Jika AC sedang ON, saya yakin hal ini jarang dilakukan dan perbuatan sia-sia namun ada kalanya seseorang bisa khilaf, hal seperti ini kadang sulit masuk akal karena buat apa menyalakan AC tapi kaca mobil terbuka?

Matikan AC Sesaat, Jika menempuh perjalanan jauh dan memakan waktu perjalanan yang cukup lama matikan AC beberapa saat per 2 jam sekali, lalu hidupkan kembali. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC agar tidak terus-menerus mendinginkan kabin mobil, dan menghindari pembekuan pada saluran AC.

Jangan Merokok Ketika AC menyala, kemungkinan hal ini jarang terjadi namun untuk sebagai pengetahuan anda bahwa jika kita merokok ketika AC dalam kondisi ON maka Asap rokok akan terhisap ke dalam blower dan asap itu lama kelamaan akan menumpuk di evaporator (salah satu komponen AC). Jika hal ini dilakukan secara terus menerus kemungkinan besar evaporator akan kotor karena kotoran-kotoran yang berasal dari asap maupun debu rokok tadi alhasil AC pun tidak berfungsi secara normal.

Bersihkan Kondensor AC, Komponen ini merupakan bagian yang “panas” dari AC Mobil, letak kondensor AC mobil umumnya terletak dibagian depan radiator mobil. Sempatkanlah membersihkan kondensor AC ketika mencuci mobil, bersihkan dari debu atau kotoran yang menempel pada kondensor AC mobil. . Dengan kondisi kondensor yang bersih akan membuat hembusan AC mobil menjadi cepat dingin (insyaallah)

Gunakan Pengharum Mobil Berkualitas, umumnya pengharum ruangan kabin mobil mengandung bahan kimia terlebih pengharum mobil kurang berkualitas akan berimbas pada AC mobil anda. Asal-asalan dalam memilih pengharum bisa menyebabkan pengendapan bakteri, kuman atau jamur terlebih pengharum tersebut mempunyai kadar kandungan alc sangat tinggi akan membuat AC berbau asam.

Servis AC di bengkel spesialis AC Langkah-langkah diatas pada dasarnya dari diri kita, namun jika kerusakan maupun fungsi AC sudah dianggap tidak wajar terlebih permasalahannya ada di freon dan kebocoran pada selang atau pipa AC karena usia bawalah segera ke bengkel spesialis AC atau bengkel kepercayaan anda. Segera minta bantuan bengkel untuk memeriksa dan memperbaiki agar permasalahan tidak merambat ke komponen-komponen lain pada sistem AC.

Lakukan Servis Pada AC Mobil Secara Berkala

Lakukan servis atau pengecekan pada AC mobil secara berkala, berikut rinciannya:

  • Setiap 6 bulan / 10rb km ganti filter kabin
  • Setiap 1 tahun yaitu service berkala yang meliputi service ringan yaitu servis blower dan kondensor dan ganti filter dryer.
  • Setiap 2 thn, service besar meliputi servis evaporator, blower, kondensor, mengganti dryer dan filter kabin dan otomatis lakukan vaccun+oli dan pengisian freon kembali.

Dengan melakukan servis secara tertaur dan perawatan yang benar pada AC mobil akan membuat AC mobil menjadi lebih awet dan bekerja secara normal. Sehingga akan selalu memberikan udara yang sejuk dan menyegarkan di saat kita berada dalam mobil.

Sekian dan Terimakasih

Tentang Pemilik
rega
Author: regaWebsite: https://www.a-rega.comEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
bottom
Sekilas Tentang Pemilik.
Melalui personal website ini, saya mempublikasikan semua postingan dengan penuh rasa tanggung jawab dan memegang teguh prinsip seorang publisher. https://www.a-rega.com merupakan personal website yang dikelola secara mandiri untuk semua kalangan.
Postingan Terbaru :

Populer Artikel
Archive :
Powered by rega

https://www.a-rega.com

Alamat : Perum Cijingga Permai Blok C No. 10 Cikarang Selatan. Bekasi

Email : admin@a-rega.com

Tlp : +62856 9428 1989

Untuk melihat di MAP Google Silahkan klik disini.

Temui Saya Disini
Visitor

Ikuti dan update artikel maupun berita terkini dari website https://www.a-rega.com langsung ke email anda dengan memasukkan email anda dan klik "Berlangganan"

Copyright © 2012. Rega. All Right Reserved - Designed Modified By Rega