Tempat tujuan wisata di Magelang

kota Magelang merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Letaknya cukup strategis karena menjadi jalan utama arah Jogja – Semarang. Meskipun magelang kotanya tidak cukup luas, namun objek wisata magelang cukup terbilang komplit. Oleh karena itu tidak heran kalau banyak wisatawan baik mancanegara maupun domestik yang berkunjung ke kota ini. Bagi anda yang sedang berlibur di Kota Magelang dan ingin mencari serta mengunjungi tempat tujuan wisata di Magelang berikut ini saya share secara singkat rekomendasi tempat tujuan wisata di Magelang.

Candi Borobudur

candi borobudur magelang

Salah satu julukan Kota Magelang adalah Kota Candi wajar saja karena di kota ini terdapat banyak sekali candi-candi yang terdapat di Magelang baik yang berukuran besar hingga kecil. Candi yang terbesar adalah Candi Borobudur yang terletak di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur tentunya tidak asing bagi masyarakat Indonesia kerena Borobudur bukan hanya menjadi tempat wisata di Magelang saja, tetapi sudah menjadi Icon Tempat Wisata di Indonesia bahkan Dunia Internasional kerena candi ini termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia. Adapun luas bangunan candi borobudur tersebut adalah 2.500 m².

Candi Pawon

candi pawon magelang

Candi Pawon atau nama lainnya adalah candi brajanalan terletak tidak jauh dengan candi borobudur, jarak dari candi borobudur ke candi pawon sekitar berjarak tempuh 2 Km. Candi pawon sendiri merupakan upa angga atau bagian dari candi borobudur. Nama asal dari candi pawon adalah pawuan yang memiliki arti tempat menyimpan abu.

Candi Mendut

candi mendut magelang

Candi Mendut adalah candi yang letaknya berada di paling timur dari garis lurus tiga candi yaitu borobudur – pawon – mendut ketiga candi tersebut memiliki hubungan yang sangat erat antara satu dan lainnya. Pada bagian dalam candi mendut ini terdapat ruangan yang berisikan altar tempat tiga arca Budha berdiri, dan keadaan arca tersebut sampai saat ini masih utuh. Relief-relief yang terdapat pada dinding candi ini masih jelas terlihat bentuknya. Relief tersebut mengandung cerita berupa ajaran moral dengan menggunakan tokoh-tokoh binatang sebagai pemerannya. Adapun luas bangunan candi mendut tersebut adalah 13,7×13,7 meter dengan tinggi 26,4 meter.

Dan masih banyak lagi candi-candi yang lain, saya telah publish disini : mengenai candi-candi yang terdapat di Magelang.

Gereja Ayam

gereja ayam megelang

Gereja Ayam yang terletak di Karangrejo, Dusun Gombong, Kembanglimus, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga wisatawan terutama masyarakat Magelang dan sekitarnya. Tempat ini menjadi terkenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah sejak digunakan sebagai salah satu lokasi shooting film AADC (Ada Apa Dengan Cinta). Meskipun kondisi dari Gereja ini terbengkalai namun keunikan bentuk fisiknya tidak mengurangi minat wisatawan. Dan adapun fakta unik dari objek wisata ini adalah bahwa bentuk fisiknya justru tidak berupa ayam namun lebih ke burung merpati yang di kepalanya terdapat mahkota. Selain sebagai tujuan wisata gereja ini juga seringkali dijadikan spot foto selfie dan banyak juga diperuntukan bagi mereka yang sedang pre-wedding.

Taman Kyai Langgeng

taman kyai langgeng magelang

Taman Kyai Langgeng merupakan obyek wisata alam yang memiliki keindahan tersendiri, selain lingkungannya yang asri di tempat ini kita juga dapat menikmati berbagai macam kehidupan flora dan fauna. Obyek wisata alam ini terdapat di daerah Kota Magelang tepatnya di Jl. Cempaka 6 – Magelang Provinsi Jawa Tengah. Kyai Langgeng sendiri diambil dari nama seorang pejuang kemerdekaan pada masa perang Pangeran Diponegoro. Beliau adalah seorang ulama besar dan merupakan penasehat Diponegoro pada waktu itu. Kyai Langgeng dimakamkan di sekitar area taman ini, untuk itulah Taman ini diberi nama Taman Kyai Langgeng. Taman ini telah melakukan beberapa penambahan wisata serta pengembangan wilayah dengan luas wilayah saat ini sekitar 28 Hektar.

Hutan Pinus Kragilan

hutan pinus kragilan

Nama lokasi tempat tujuan wisata di Magelang ini adalah Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan dari nama lokasi nya saja kita sudah terbanyang kalau lokasi ini cocok untuk yang suka selfi dan bernasis ria sambil menikmati kesejukan alam sekitar tempat wisata. Berlokasikan di Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Jika anda penasaran dengan lokasi ini anda cukup membayar tiket masuk yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil, murah bukan.

Alun-alun Kota Magelang

alun - alun kota magelang

Alun - alun merupakan suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam, seperti halnya alun-alun di kota Magelang selain karna memang letaknya yang strategis yaitu berada di tengah kota alun-alun kota magelang ini cocok bagi anda yang suka berfoto ria di menara air yang menjadi icon magelang saat ini selain itu terdapat juga patung pangeran Diponogoro.

Alun-alun Kota Magelang menjadi public area yang nyaman. Masih ada yang kurang rasanya jika berkunjung ke alun-alun kota Magelang dan belum berwisata kuliner atau wisata belanja. Tidak usah khawatir atau susah-susah untuk mencari pusat kuliner di sekitar alun-alun magelang.

Taman Kota Bermain Badaan

taman badaan magelang

Taman kota sejatinya memang menjadi tempat berkumpul bahkan tempat rekreasi masyarakat yang mudah dan murah. Seperti yang terlihat jika Anda berkunjung ke Taman Badaan Magelang. Berlokasi di antara Jalan Pahlawan dan Jalan Ade Irma Suryani, Kota Magelang, lokasinya tak jauh dari alun-alun, dan tepat di depan Museum Jendral Sudirman.

Sebuah taman kota yang tertata rapi sehingga disulap menjadi tempat rekreasi masyarakat. Cukup komplitnya infrastruktur, wahana, hingga toilet pun disediakan disini. Meski luasnya tak begitu luas seperti tempat wisata lainnya di Magelang, tiap sore hari taman ini kerap dipadati wisatawan. Taman ini terlihat sperti taman yang penuh edukasi, selain banyak patung-patung binatang, wahana jalur lalu lintas untuk pengenalan anak, hingga kawasan taman bunga dengan aneka warna yang berbeda

Bukit Tidar

puncak bukit tidar magelang

Bukit Tidar adalah bukit yang terletak di dalam kompleks Akademi Militer (AkMil), dan terkenal sebagai Paku pulau jawa, di sini juga terdapat beberapa makam dan petilasan leluhur masyarakat Magelang; salah satunya adalah petilasan penyebar agama Islam di Jawa Tengah yakni petilasan Syekh Subakir dari persia. Bukit Tidar memang tidak terlalu tinggi, tetapi pohon-pohonan di sini berfungsi sebagai paru-paru kota sehingga udara Kota Magelang selalu segar,dari sini juga anda dapat menikmati pemandangan Kota Magelang dari atas Tugu Akademi Militer.

Lokasi Bukit Tidar tepatnya di Kelurahan Magersari, kecamatan Magelang Selatan. Untuk mengunjunginya anda bisa melewati dua jalan,yaitu lewat Pasar Burung dan lewat samping Akademi Militer dengan naik angkot jalur 6, 8, 10, dari Terminal Soekarno-Hatta turun di Perempatan Pasar Burung, untuk melalui jalan samping Akademi Militer anda dapat melanjutkan perjalanan dengan angkot jalur 2 setelah turun di Shopping Centre. Sekarang telah dibangun jalan pintas menuju bukit tidar tempatnya di belakang terminal lama.

Panca Arga

panca arga magelang

Panca Arga, merupakan nama perumahan yang diperuntukkan bagi para prajurit TNI-AD yang berkantor di Akademi Militer Magelang. Namanya berasal dari kata Panca yang berati lima, dan Arga yang berarti gunung. sebagai Perumahan yang dikelola langsung oleh TNI, perumahan ini diberi beragam fasilitas umum yang cukup lengkap, diantaranya adalah Tempat Ibadah (meliputi Masjid, gereja, dan Pura), Bank, ATM, Lapangan Sepak Bola, Lapangan Tennis, sampai taman rekreasi.

Fasilitas umum yang menjadi khas perumahan Panca Arga adalah Taman rekreasinya, Nama Resminya Taman Rekreasi Panca Arga 1, di tempat tersebut anda dan keluarga bisa melihat barang-barang peninggalan perang seperti meriam, tank atau alat perang ketika melawan belanda.

Taman Air Kalibening

taman air kalibening magelang

Taman Air Kalibening yang berada di dusun Kalibening, Keamatan Secang, Kabupaten Magelang ini berlatar belakang pemandangan gunung sumbing yang sangat indah disisi barat dengan menempati area kurang lebih 2008 meter persegi. Tentunya hal ini menjadi nilai tambah bagi tempat ini, karena para pengunjung akan semakin betah menikmati berbagai wahana yang ada di Taman Air Kalibening ini.

Mempunyai 27 wahana permaianan air seperti papan lucur spiral, silinder, tubies dan nampan tumpah dll. Disamping itu saat ini Taman air Kalibening dilengkapi dengan restoran, meeting room, panggung terbuka, outbond, flying fox, dan Club house. Selain itu juga masih ada area golf mini dan juga pantai mini. Yang unik dan menarik ditempat ini adalah bahwa air yang digunakan benar benar dari alam yakni dari mata air kalibening.

Pecinan Magelang

pecinan magelang

Bagi anda yang sedang berburu oleh-oleh atau sekedar wisata kuliner Pecinan di Magelang salah satu pilihan utamanya, pecinan Magelang ini sering disebut sebagai Malioboro nya Magelang karena disini merupakan pusat perbelanjaan jika dilihat disisi kanan kiri jalan terdapat banyak toko, minimarket dan restoran. Terletak di Jl. Pemuda Magelang atau tepat di sebelah alun-alun kota Magelang.

Pecinan merupakan salah satu landmark Magelang, Saat ini kawasan pecinan memiliki 2 ruas jalan. Ruas pertama adalah untuk kendaraan bermotor, dan ruas yang satunya lagi merupakan jalur yang digunakan untuk para pejalan kaki, becak, ataupun sepeda.

Ketep Pass

ketep pass magelang

Ketep Pass merupakan wisata alam yang tidak hanya menyuguhkan satu – dua gunung dan perbukitan, tapi menghadirkan pemandangan 5 gunung yang tinggi sekaligus yaitu Gunung Semeru, Gunung Merbabu, Gunung Kembar Sindoro Sumbing dan Gunung Slamet, ditambah gunung-gunung kecil dan perbukitan, seperti Gunung Andong, Gunung Tidar, Gunung Pring, Perbukitan Menoreh dan Bukit Telomoyo. Maka tidak heran jika tempat wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Berlokasi di JL. Ketep, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi tempat wisata ini berada di puncak Bukit Sawangan atau pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Aset jalan ke wisata gardu pandang dari kota magelang sekitar 30km. Jadi jika anda berkunjung ke tempat wisata lain seperti borobudur, taman kyai langgeng atau yang lainnya, ada baiknya anda juga mencoba ke destinasi wisata magelang jawa tengah yang satu ini.

Ada jalan pintas menuju tempat wisata ketep pass yaitu anda dapat melewati jalan kecil sebelum Pasar Muntilan yang letaknya di samping Klenteng Hok An Kiong. Ikuti terus jalan tersebut hingga melewati Pasar talun serta Jembatan Gantung dan bertemu dengan Pertigaan Kecamatan Sawangan. Di pertigaan ini Anda harus membelokkan kendaraan ke arah kanan untuk sampai di lokasi yang dituju.

Air Terjun Kedung Kayangan

air terjun kedung kayangan

Obyek wisata Air Terjun Kedung Kayang terletak di alur Sungai Pabelan yang berasal dari 2 (Dua) gunung yakni Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Atau lebih tepatnya di sekitar perbatasan kabupaten Magelang dan Boyolali,yaitu diantara Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan Desa Klakah, Kabupaten Boyolali.

Air terjun yang mengalir di obyek wisata tersebut berasal dari gunung merbabu. Dengan ketinggian 39 M dan kadar airnya yang jernih bisa membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung, pecahan dari air terjun karena jarak yang lumayan tinggi rasanya begitu sejuk menyentuh tubuh.

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit magelang

Air Terjun Sekar Langit yang terletak di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelangini memiliki ketinggian -+ 30 meter. Jika anda dari arah kopeng untuk mencapai lokasi sekar langit berjarak 5 Km bisa anda tempuh dengan mobil pribadi ataupun sepeda motor. Dan jika anda datang dari arah kota magelang, bisa melalui jalan grabag kira-kira 15 menit.

Jarak tempuh jika anda sudah sampai pintu gerbang hanya sekitar 500 meter untuk sampai lokasi, anda akan berjalan menapaki jalan setapak yang naik serta jembatan yang diitari pohon pinus.

Air Terjun Silawe

air terjun silawe magelang

Air terjun silawe atau Curug lawe merupakan sebuah obyek wisata air terjun yang terletak di dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Obyek wisata curug silawe tempatnya cukup jauh kalau ditempuh dari Kota Magelang. Akses jalan menuju curug silawe pun lumayan sulit, karena memang keberadaan obyek wisata tersebut begitu tersembunyi dan berada di lereng gunung. Adapun ketinggian lokasi obyek wisata tersebut sekitar 500 m dari permukaan laut.

Meskipun tempat ini tersembunyi, namun wisatawan yang datang tidak sedikit. Ini dikarenakan keasriannya yang masih terjaga dengan baik.

Tempat Wisata Arung Jeram Di Magelang

Wisata Arung Jeram atau bahasa kerennya White Water Rafting menjadi daya tarik tersendiri bagi kota Magelang terdapat 2 kali yang dijadikan lokasi arung jeram yaitu Kali Elo & Kali Progo.

Kali Progo memiliki tiga bentuk tantangan arus air

arung jeram kali progo

  1. Kali Progo atas, letaknya di belakang hotel puri asri magelang, tempat ini disediakan untuk pemula dan dijamin keamanannya.
  2. Kali Progo hulu, startnya dari kandangan temanggung dan finish di jembatan payaman. Arung jeram pun dapat dilakukan saat musim hujan turun, peserta yang tidak bisa berenang diperbolehkan mengikuti dengan persyaratan umur diatas 15 tahun.
  3. Kali Progo bawah, ini merupakan medan dan tantang paling sulit untuk bagi pecinta arung jeram dan tidak diperbolehkan untuk pemula. Startnya dari Jembatan Klangon Kabupaten Magelang dan finish di jembatan Dekso. Adapun debit air lumayan besar karena memang air yang mengalir melewati kali progo bawah merupakan luapan dari kali-kali terbesar yang ada di sekitar progo.

Wisata Arung Jeram Kali Elo

arung jeram kali elo magelangWisata Arung Jeram Kali Elo dapat anda kunjungi sepanjang musim dengan trip yang sangat cocok bagi para pemula. Dengan pemandangan yang indah dan jeram yang mampu menggoyangkan perahu anda ini menjadi daya tarik tersendiri. Adapun jarak tempuh sekitar 10 sampai dengan 11 KM dengan durasi waktu tidak lebih dari 3 jam.

Obyek wisata air yang bernama kali elo ini sudah ada sejak tahun 1997 sampai saat ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dan bagi anda yang akan melakukan arung jeram di kali elo ini, nantinya anda akan dipandu dan didampingi oleh operator profesional, jadi tidak perlu lagi khawatir untuk mencobanya.

Punthuk Setumbu

punthuk setumbu magelangPunthuk Setumbu merupakan nama sebuah bukit, tempat ini menjadi objek wisata paling populer untuk melihat sunrise dengan pemandangan Candi Borobudur yang sedang diselimuti kabut seperti pict diatas. Terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Di saat subuh melalui lokasi ini anda bisa melihat pemandangan yang luar biasa yaitu lautan kabut putih dan kerlip lampu yang dilatar belakangi oleh pegunungan yaitu gunung merapi dan gunung merbabu. Borobudur pun menjadi lelap oleh selimut kabut tebal dimalam dan pagi hari, inilah momentum yang selalu menjadi kenangan tersendiri bagi para pengunjung di bukit punthuk setumbu. Meskipun wisata punthuk setumbu adalah sebuah bukit yang tidak tinggi, namun untuk mencapai puncak bukit tersebut anda harus berjalan kaki. Tiket masuk ke wisata punthuk setumbu adalah Rp. 15.000 dan Rp. 25.000 untuk wisatawan asing.

Rumah Kamera

Rumah Kamera Magelang

Sekitar sepuluh menit ke arah utara dari wisata Candi Borobudur, terdapat sebuah wisata yang bernama Camera House atau Rumah Kamera. Nama ini tidak lah berlebihan karena jika dilihat rumah ini bentuk fisiknya seperti kamera DSLR berukuran besar sekali. Wisata ini berada di Jl. Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Tidak mahal, masuk ke wisata rumah kamera ini, Anda hanya dikenakan tarif lima ribu rupiah per orangnya.

Isi dari Rumah kamera ini adalah galeri berbentuk karya-karya lukis yang luar biasa hasil tangan dari yang punya rumah kamera ini yaitu Bapak Tanggol Angien Jatikusumo atau biasa disebut Pak Tanggol. Para pengunjung tidak akan capek berdiri untuk melihat lukisan terus menerus, karena di galeri sudah disiapkan kursi-kursi yang dibentuk kreatif dan lucu

Pada bagian atas bangunan ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan desa yang masih asri, dari sebuah bangunan yang berbentuk kamera

Gunung Andong

puncak gunung andong

Gunung Andong merupakan salah satu gunung yang terletak di antara desa Ngablak dan desa Tlogorjo, Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Andong ini mempunyai ketinggian sekitar sekitar 1.463 diatas permukaan laut dan secara etimologi Gunung Andong ini memiliki aktivitas magma vulkanik aktif dan juga merupakan gunung bertipe perisai gunung yang melingkari Kabupaten Magelang

Lokasi gunung andong merupakan tempat latihan bagi para pendaki pemula karena durasi waktu yang anda butuhkan untuk sampai puncak hanya sekitar dua jam. Untuk menuju lokasi basecamp pendakian anda bisa menyewa kendaraan atau anda minta diantar oleh tukang ojek. Gunung yang bertipe perisai yang secara administratif terletak di dua kecamatan yaitu Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabag.

Telaga Bleder

telaga bleder magelang

Telaga bleder merupakan tempat wisata Magelang yang terletak di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Selain udara yang sejuk dan jauh dari polusi udaha, di Telaga Bleder anda bisa juga mencoba fasilitas lain seperti speed boat, becak air sampan dan sepeda air.

Telaga bleder ini merupakan danau alami yang berukuran kecil. Danau tersebut terbentuk dari tanah yang terisi air dari sumber mata air yang ada di sekitar lokasi. Sehingga menarik perhatian pemerintah setempat untuk mengembangkan lokasi ini sebagai tempat wisata. Dan sekarang wisata telaga bleder ini dikonsep lebih ke wisata keluarga.

PENUTUP

Itu lah beberapa Tempat Tujuan Wisata di Magelang, yang pastinya masih banyak lokasi wisata yang belum saya share dan akan saya terus update mengingat potensi alam yang luar biasa di kota magelang. Banyak potensi yang dimiliki Magelang jika dikembangkan akan menjadi objek wisata yang akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat berbasis wisata dan masyarakat.

Seperti yang terbaru saat ini adalah wisata taman Ramadanu yang berlokasi di Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang. Atau wisata religi yang ada di kota Magelang seperti :

  • Komplek Makam Gunung Pring
  • Masjid Agung Magelang
  • Makam Kyai Chudlori Tegalrejo
  • Makam Kyai Sirot Payaman
  • Makam Bukit Tidar
  • Makam Sunan Geseng Grabag
  • Makam Kajoran
  • Makam Kyai Maksum Tempuran
  • Syeikh Subakir dan Tombak Kyai Panjang

Sekian dari saya. Salam & Terimakasih

Tentang Pemilik
rega
Author: regaWebsite: https://www.a-rega.comEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sekilas Tentang Pemilik.
Melalui personal website ini, saya mempublikasikan semua postingan dengan penuh rasa tanggung jawab dan memegang teguh prinsip seorang publisher. https://www.a-rega.com merupakan personal website yang dikelola secara mandiri untuk semua kalangan.
Postingan Terbaru :

Postingan Terkait

http://www.a-rega.com

Alamat : Perum Cijingga Permai Blok C No. 10 Cikarang Selatan. Bekasi

Email : admin@a-rega.com

Tlp : +62856 9428 1989

Visitor

Copyright © 2012. Rega. All Right Reserved - Designed Modified By Rega