Cek Komponen Mobil sebelum Mengemudi di Saat Hujan

Mengemudi mobil atau mengendarai mobil disaat hujan atau jalan basah berbeda dengan berkendara di saat kondisi jalan normal atau tidak basah, perilaku mengemudi disaat berkendara maupun kondisi mobilnya itu sendiri sangat menentukan dalam hal kenyamanan terlebih dalam hal keselamatan saat berkendara.Cek Komponen Mobil sebelum Mengemudi di Saat Hujan

Pada postingan kali ini saya akan mencoba mempublikasikan apa saja yang di Cek Komponen Mobil sebelum Mengemudi di Saat Hujan, hal dibawah ini merupakan ritual yang wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan dengan mobil kesayangan anda, umumnya hal ini dilakukan bukan hanya kondisi jalan basah atau musim hujan bahkan ritual ini juga selayaknya anda lakukan saat kondisi jalan normal atau kering demi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Berikut Beberapa Komponen Mobil yang di Cek sebelum berkendara :

Cek Ban Mobil, Umumnya pengendara mengecek Tekanan angin ban harus pas sesuai dengan standar yang ada di mobilnya itu sendiri saya ambil contoh pada mobil MPV Avanza tekanan angin nya adalah 30psi sampai dengan 32psi

Jangan mengurangi tekanan angin ban saat jalan basah atau diguyur hujan dengan alasan agar daya cengkeram ban terhadap jalan lebih optimal, asumsi tersebut salah dan itu tidak benar. Tindakan ini malah membuat telapak ban menjadi tidak menapak sempurna ke permukaan jalan.

Dengan bagian tengah yang melengkung, membuat ban kesulitan untuk membuang air ke sisi ban. Yang benar adalah Anda wajib menjaga tekanan angin ban tetap berada dalam batas rekomendasi pabrik. Tujuannya agar daya cengkeram tetap optimal di beragam kondisi cuaca dan jalan.

Cek juga kedalaman tapak ban. Tapak yang baik akan melindungi anda dari tergelincir, slip dan aquaplaning atau genangan air

Satu lagi Saya menyarankan mengisi angin ban menggunakan nitrogen karena nitrogen terbilang cukup stabil dan nitrogen tidak cepat berkurang selain itu nitrogen memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan angin biasa sehingga lebih nyaman saat mobil Avanza sedang digunakan.

Cek Oli Mesin Pastikan oli mesin volumenya cukup. Cara cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Lihatlah batas oli yang menempel pada stik. Level oli harus berada di garis antara tanda “L” dan “F” dan seharusnya sedikit dibawah garis level “F“, jika kurang tambahkan secukupnya. Pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli anda masih cukup untuk jarak yang akan anda tempuh.

Cek Air Radiator dan Air Reservoir, Pastikan Air radiator dalam kondisi penuh. Sedangkan air reservoir atau tempat penampungan air radiator terisi air sampai batas level yang tertera dalam penampungan tersebut. Hal satu ini yang sering terlewatkan Periksa juga kondisi selang radiatornya dan selang penghubung ke reservoir. Bila menemui selang yang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti. Ini untuk menghindari selang pecah ditengah perjalanan. Dan Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak ada kebocoran.

Cek sistem Kelistrikan Ptikan semua komponen berfungsi dengan baik seperti lapu sein kiri-kanan, lampu utama, lampu rem, klakson dll. Sistem kelistrikan seperti yang disebutkan haruslah berfungsi normal. Sebab, bagian ini juga menjadi faktor utama agar pengendara lain mengetahui keberadaan kendaraan kita.

Cek Wiper bagian yang tidak kalah penting dan perlu diperhatikan adalah kondisi wiper. Wiper harus berfungsi dengan baik dan airnya juga harus terisi penuh.

Langkah selanjutnya adalah cek apakah kendaraan Anda memiliki sistem keamanan anti-selip seperti ABS atau traction control. Kalau tidak ada, maka Anda harus ekstra hati-hati saat berkendara di tengah hujan atau jalan basah. Kalau tidak dilengkapi dengan sistem-sistem tersebut maka pengemudi harus lebih waspada akan terjadinya potensi selip lebih besar.

Cek Area interior Mobil stir – (clutch), rem dam pedal gas – dan kemungkinan kesalahan lain yang bisa terjadi. Saat anda memulai perjalanan dalam kondisi hujan, alas sepatu anda bisa saja basah dan licin saat menginjak pedal gas. Keringkan alas sepatu anda sebelum mulai mengemudi.

Semoga tips Cek Komponen Mobil sebelum Mengemudi di Saat Hujan ini bermafaat dan menjadi catatan tersendiri khusus nya saya pribadi dalam berkendara dimusim hujan. Jika ada yang kurang bisa ditambahkan melalui kotak komentar di bawah artikel ini.

Sekian dan Terimakasih.

Tentang Pemilik
rega
Author: regaWebsite: https://www.a-rega.comEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
bottom
Sekilas Tentang Pemilik.
Melalui personal website ini, saya mempublikasikan semua postingan dengan penuh rasa tanggung jawab dan memegang teguh prinsip seorang publisher. https://www.a-rega.com merupakan personal website yang dikelola secara mandiri untuk semua kalangan.
Postingan Terbaru :

Tags: ,
Populer Artikel
Archive :
Powered by rega

https://www.a-rega.com

Alamat : Perum Cijingga Permai Blok C No. 10 Cikarang Selatan. Bekasi

Email : admin@a-rega.com

Tlp : +62856 9428 1989

Untuk melihat di MAP Google Silahkan klik disini.

Temui Saya Disini
Visitor

Ikuti dan update artikel maupun berita terkini dari website https://www.a-rega.com langsung ke email anda dengan memasukkan email anda dan klik "Berlangganan"

Copyright © 2012. Rega. All Right Reserved - Designed Modified By Rega