FPBJ Federasi Perjuangan Buruh JabotabekTahun 2012 bisa dibilang sebagai tahun kebangkitan Gerakan Buruh, aksi Solidaritas dan persatuan kaum buruh pada rentan tahun 2012 menunjukkan bahwa Gerakan Buruh mampu secara mandiri dapat merubah NASIBnya Tanpa adanya kontrak politik, Tanpa berkoalisi dengan partai-partai kapitalis dan Tanpa Bersandar pada elit-elit populis. Gerakan Buruh mampu menunjukkan kelasnya dan persatuaanya dihadapan Pemerintah dan kaum kapitalis dengan mobilisasi massa serta berjuang melewati batas gerbang pabrik-pabrik. Geruduk pabrik serta Aksi Sweeping gerakan buruh mewarnai tahun 2012 dengan sasaran perusahaan atau pabrik yang masih memberlakukan sistem kerja kontrak dan outsourcing tanpa melihat warna bendera maupun organisasinya semua berjuang dengan persatuan dan kesatuan demi penghapusannya sistem kerja kontrak dan outsourcing.

Gerakan buruh ini tentunya demi keadilan kaum buruh yang selama ini hanya dianggap sebagai sapi perah kaum kapitalis, disamping itu diperkuat dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan sebagian uji materi UU nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan perusahaan manapun tidak boleh menggunakan tenaga outsourcing untuk pekerjaan inti. Dengan adanya putusan MK perihal uji materi tersebut, tentunya menjadi napas baru bagi pengaturan hubungan kerja dengan sistem perjanjian waktu tertentu maupun tenaga alih daya atau outsourcing. Semua pihak tentunya harus menghormati putusan MK tersebut.

Namun aktualnya dilapangan banyak perusahan yang masih menjalankan sistem kerja kontrak dan outsourcing alhasil perusahaan-perusahaan yang masih bandel tersebut tekena imbasnya termasuk PT Kyowa Indonesia yang menghalalkan sistem kerja kontrak dan outsourching. Tepatnya tanggal 26 Juni 2012 ratusan buruh Pt Kyowa yang  tergabung dalam FPBJ (Federasi Perjuangan Buruh Jabotabek) baik itu yang kontrak, tetap bahkan yang berstatus buruh outsourching menggelar aksi di halaman perusahaan untuk menolak sistem kerja kontrak dan outsourcing yang masih dijalankan oleh PT Kyowa. Aksi yang berlangsung cukup lama tercatat dari pukul 10.00 hingga 22.00 didukung juga oleh berbagai elemen organisasi seperti FSPMI, FKI, GSPB, SPN, SMI, SPSI serta organisasi atau dari elemen buruh lainnya.

Semua massa aksi baik dari buruh Pt Kyowa itu sendiri maupun massa aksi dari luar, dengan lantang menyuarakan tuntutannya agar buruh yang bekerja di PT Kyowa baik itu buruh kontrak maupun buruh Outsourcing segera diangkat menjadi Buruh TETAP / PKWTT karena sudah jelas sistem kerja kontrak dan outsourcing di PT Kyowa :

  • Menciptakan fregmentasi atau pengelompokan buruh berdasarkan status hubungan kerja di tingkat pabrik. Dalam prakteknya jelas ada 3 kelompok buruh yakni buruh tetap, buruh kontrak, dan buruh outsourcing. Pengelompokan ini ditandai dengan perbedaan warna / model seragam atau tanda lainnya yang dikenakan oleh ketiga kelompok buruh di PT Kyowa hal ini tentunya akan berimplikasi terhadap solidaritas dan kesadaran bersama sebagai sorang buruh yang sejatinya mempunyai hak yang sama.
  • Praktek hubungan kerja kontrak dan outsourching membawa setidaknya 3 bentuk diskriminasi terhadap buruh: usia, upah, dan berorganisasi. Di PT Kyowa menetapkan batasan USIA dan Status Perkawinan didalam buruh kontrak dengan alasan produktifitas, Dan Upah yang diberikan berselisih jauh antara karyawan tetap dan outsourcing terlebih hak-haknya.
  • Buruh kontrak dan outsourcing yang melakukan jenis pekerjaan yang sama dalam jam kerja yang sama dengan buruh tetap mendapatkan upah yang berbeda. Dengan kata lain Upah total buruh kontrak dan outsourcing lebih rendah dari pada upah buruh tetap.
  • Buruh kontrak dan outsourcing dilarang secara langsung maupun tidak langsung untuk bergabung dengan serikat buruh. Karena ada kemungkinan akan di intimidasi atau bahkan kontraknya tidak akan diperpanjang.
  • Sistem kerja kontrak dan outsourcing jauh dari kata sejahteraan dan hidup layak, Ketidak pastian jangka waktu pekerjaan, Kurangnya perlindungan dan keselamatan kerja serta hubungan kerja bersifat kontrak / outsourching yang tentunya sewaktu-waktu bisa di putus kontrak. Dan Hanya mendapatkan upah minimum dan menerima beberapa tunjangan yang jumlahnya lebih kecil ketimbang yang diterima buruh tetap.

Dinamika diatas tentunya merugikan bagi buruh khususnya buruh kontrak dan outsorcing yang bekerja di PT Kyowa.

buruh pt kyowa demo

(PT Kyowa di kepung buruh dari berbagai element serikat buruh)

karyawan pt kyowa demo tolak outsourcing

(Srikandi PT Kyowa)

buruh perempuan pt kyowa demo

Demo buruh PT Kyowa berlangsung dihalaman depat PT Kyowa dilakukan dengan penuh semangat pantang menyerah serta tidak kenal lelah, karna aksi tersebut terbilang cukup lama kurang lebih dari pukul 10.00 s/d 20.00. Alhasil Puji serta syukur menghasilkan 8 poin kesepakatan antara Management PT Kyowa Indonesia dengan PTP FPBJ PT Kyowa Indonesia diantaranya :

  1. Bahwa perusahaan PT Kyowa Indonesia akan menghapus sistem kerja outsourcing
  2. Untuk karyawan outsourcing bermasa kerja di atas 2 tahun yang perhitungan masa kerjanya dihitung dari awal masuk PT Kyowa Indonesia baik itu yang statusnya masih bekerja maupun yang dirumahkan, diangkat statusnya menjadi karyawan tetap / PKWTT PT Kyowa Indonesia, dan termasuk yang sudah mengalami perubahan
  3. Untuk karyawan outsourcing bermasa kerja kurang dari 2 tahun yang perhitungan masa kerjanya di hitung dari awal masuk PT Kyowa Indonesia baik yang masih bekerja maupun yang dirumahkan, diangkat statusnya menjadi karyawan kontrak PT Kyowa Indonesia dengan masa kontrak minimal 11 bulan
  4. Karyawan kontrak PT Kyowa Indonesia bermasa kerja lebih dari 1 tahun dan karyawan kontrak yg sudah mengalami masa off dan dirumahkan diangkat menjadi karyawan tetap PT Kyowa Indonesia/PKWTT
  5. Untuk hari ini dianggap libur dan bilamana masuk maka di hitung lembur (26 Juni 2012)
  6. Untuk Perundingan PKB yg sedang berjalan harus di laksanakan sesuai dengan perjanjian sampai dengan akhir bulan desember 2012
  7. Bahwa aksi mogok spontan hari ini, pihak perusahaan tidak akan melakukan tindakan balasan dalam bentuk apa pun (Surat Peringatan / SP, Pemutusan hubungan kerja / PHK, demosi, mutasi dan rotasi)
  8. Bahwa untuk penyelesaian administratif sehubungan dengan kesepakatan di atas, selambat lambat nya 1 September 2012

Tanggal 26 Juni 2012 bisa dibilang hari bersejarah bagi buruh PT Kyowa Indonesia Karena saat itu merupakan Puncak dari Persatuan dan kesatuan seluruh Buruh PT Kyowa tanpa memandang status pekerjaan, semua ikut berjuang dan alhamdulillah perjuangan ini menghasilkan Pencapaian yang sangat luar biasa. Hal ini membuktikan bahwa dengan Persatuan kaum buruh hal-hal yang selama ini dianggap TIDAK MUNGKIN dengan persatuan akan menjadi mungkin, Karena tercatat lebih dari 200 buruh yang berstatus kontrak/outsourcing diangkat menjadi BURUH TETAP / PKWTT.

Selamat untuk buruh PT Kyowa Semoga momentum ini Perjuangan kita semakin meningkat karena hal ini belumlah berakhir, Terimaksih juga terhadap pengurus serikat buruh PTP FPBJ PT Kyowa Indonesia yang diketuai oleh BPK Slamet dan semua Organisasi / Elemen Buruh yang berjuang menolak sistem kerja yang sudah jelas merugikan bagi kaum buruh. Perjuangan kita masih panjang karena Masih banyak hal-hal yang masih harus diperjuangkan yang menjadi ISU nasional seperti : Tolak Upah Murah, Sistem kontrak / outsourcing dan menjadikan 1 Mai menjadi hari libur nasional dll.

Belajar, Berjuang, Berkuasa Untuk Merdeka 100%

Salam Dan Terimakasih

Tentang Pemilik
rega
Author: regaWebsite: https://www.a-rega.comEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sekilas Tentang Pemilik.
Melalui personal website ini, saya mempublikasikan semua postingan dengan penuh rasa tanggung jawab dan memegang teguh prinsip seorang publisher maupun seorang blogger yaitu pantang mempublikasikan postingan HOAK atau Bohong dan mengindari postingan yang berujung SARA. a-rega.com merupakan personal website yang dikelola secara mandiri untuk semua kalangan.
Postingan Terbaru :

Membumikan Pancasila
Membumikan Pancasila

Memperingati kelahiran yang bukan untuk sekadar perayaan bertambah umur, sesungguhnya bukan perkara  [ ... ]

Selengkapnya...
Kerja bakti warga Cijingga Per...
Kerja bakti warga Cijingga Permai

Warga Perumahan Cijingga Permai tidak kalah solidnya dengan perumahan lainnya, terbukti dengan kegi [ ... ]

Selengkapnya...
Aksi 30 Oktober 2015 di depan ...
Aksi 30 Oktober 2015 di depan Istana Presiden menuntut pencabutan Peraturan Pemerintah No 78

Ribuan buruh yang tergabung dalam GBI (Gerakan Buruh Indonesia) yang terdiri dari Konfederasi Serika [ ... ]

Selengkapnya...
Other Articles

Demo Buruh

Serikat Buruh

http://www.a-rega.com

Alamat : Perum Cijingga Permai Blok C No. 10 Cikarang Selatan. Bekasi

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tlp : +62856 9428 1989

Visitor