Mujahadah

bersungguh sungguh bermujahadahPengertian MUJAHADAH secara umum adalah: berjuang, bersungguh - sungguh, berperang melawan musuh. Namun Didalam Wahidiyah yang dimaksud adalah bersungguh-sungguh memerangi dan menundukkan hawa nafsu untuk di arahkan kepada kesadaran Fafirru - Ilalloh wa Rosulihi SAW.

Pengertaian MUJAHADAH secara KHUSUS di dalam wahidiyah adalah: Pengamalan atau membaca Sholawat Wahidiyah yang rangkaian sholawatnya telah saya publikasikan di halaman yang lain (disini), tentunya dalam membaca atau mengamalkan sholawat wahidiyah (bermujahadah) ada cara dan tuntunan yang diberikan oleh Muallif Sholawat Wahidiyah KH Abdul Madjid Ma'roef, ini sebagai bentuk penghormatan kita kepada Rosululloh SAW dan sekaligus merupakan doa permoohonan dalam berbagai hal kepada Allah SWT yang diperuntukkan untuk diri sendiri maupun keluarga baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, dan umumnya bagi segalah makhluk ciptaan Allah SWT.

Dasar Mujahadah

Alloh SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَابْتَغُوْآ إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (5- المائدة-35)

Artinya: ''Dan orang - orang yang bersungguh - sungguh untuk mencari keridloan kami, benar - benar Kami tunjukkan kepada mereka jalan - jalan Kami''

Syekh Imam Al-Ghozali Berkata: ''Mujahadah adalah kunci hidayah tidak ada kunci untuk memperoleh hidayah selain Mujahadah''

Manfaat Mujahadah :

Manfaat Mujahadah antara lain:

  • Menjernikan hati dan marifat Billah (sadar kepada Alloh)
  • Memperoleh hidayah Taufiq Allah SWT, Syafaat Tarbiyah Rosululloh SAW, Barokah Ghoutsu Hadzaz Zaman RA
  • Mendidik menjadi orang yang sholeh / Sholihah, yang senantisa mendoakan kedua orang tuanya / leluhurnya.
  • Keamanan, ketentraman, kedamaian kesejahteraan, dan keberkahan hidup.

Adab - adab Mujahadah :

Adab - adab Mujahadah yang terdapat didalam wahidiyah adalah:

  • dijiwai Lillah - Billah, Lirrosul - Birrosul, Lilghouts - Bilghouts
  • HUDLUR: hati showan / ingat / menghadap kepada Alloh SWT.
  • ISTIHDLOR: merasa benar - benar berada dihadapan Alloh SWT.
  • TA'DHIM (menghormat) dan MAHABBAH (mencintai) Rosululloh SAW.
  • Disertai dengan Tadzallu (merasa rendah dan hina) wal Iftiqor (merasa sangat membutuhkan) TADHOLLUM (merasa dholim dan berlarut - larut penuh dengan dosa dihadapan Alloh SWT wa Rosulihi SAW wa Ghouts Hadzaz - Zaman Ra.
  • Berkeyakinan bahwa Mujahadahnya / doanya diijabahi (diterima) oleh Allaoh SWT (jangan sampai ragu - ragu).
  • Merasa benar - benar ma'mum / mengikuti Hadrotul Mukaram Mbah Yahi, maka gaya, lagu, sikap, dan cara melaksanakan Mujahadah harus sesuai dengan tuntunan Beliau.
  • Adab lahir supaya di sesuaikan dengan adab batin dan di anjurkan dalam kondisi dalam hadats (tidak batal).

Macam - macam Mujahadah :

macam - macam mujahadah yang terdapat didalam wahidiyah adalah:

  1. Mujahadah Yaumiyah
    • Mujahadah Yaumiyah: adalah Mujahadah yang dilaksanakan setiap hari oleh seiap pengamal Wahidiyah sesudah melaksanakan mujahadah 40 hari.
  2. Mujahadah Usbu iyyah
    • Mujahadah Usbu iyyah: adalah Mujahadah berjamaah yang dilaksanakan seminggu sekali oleh pengamal Wahidiayah satu kelompok / satu kampung / satu desa yang diatur oleh Penyiar Sholawat Desa.
  3. Mujahadah Syahriyah
    • Mujahadah Syahriyah: adalah mujahadah yang dilaksanakan oleh pengamal Wahidiyah sewilayah kecematan dalam sebulan / delapan hari sekali, yang diatur oleh pengamal Wahidiyah Desa.
  4. Mujahadah Ru'busanah
    • Mujahadah Rubu'ussanah atau mujahadah Triwulan: adalah Mujahadah yang dilaksanakan oleh pengamal Wahidiyah sekabupaten atau Kodya dalam tiga bulan sekali yang diatur oleh pengamal Wahidiyah Kabupaten / Kodya.
  5. Mujahadah Nishfusana
    • Mujahadah Nisfussanah: adalah yang dilaksanakan seluruh pengamal Wahidiyah sewilayah propinsi dalam setengah tahun sekali yang diatur oleh penyiar Sholawalat Wahidiyah Propinsi
  6. Mujahadah Kubro
    • Mujahadah Kubro: adalah Mujahadah yang dilaksanakan seluruh pengamal Wahidiyah dua sekali setahun yaitu: Bulan Suro, / Muharam dan Bulan Rojab, yang diatur oleh Penyiar Sholawat Wahidiyah Pusat.
  7. Mujahadah Khusus
    • Mujahadah Khusus: adalah Mujahadah yang dilaksanakan secara khusus. misalnya Mujahadah yang dilaksanakan sebelum melaksanakan tugas, Mujahadah Lapanan, Triwulan, Kubro dsb.mujahadah yang dilaksanakan secara khusus oleh anggota Penyiar Sholawat Wahidiyah
  8. Mujahadah Non stop
    • Mujahadah Non stop: adalah Mujahadah yang diklaksanakan terus - menerus dalam waktu yang di tentukan secara estafet.
  9. Mujahadah momenti / Waktiyah
    • Mujahadah Momentil / Waktiyah: adalah Mujahadah yang dilaksanakan pada waktu tertentu yang diintruksikan oleh Penyiar Sholawa wahidiyah Pusat misalnya Menjelang Pemilu, Hari Besar Islam / Nasional dsb.
  10. Mujahadah Muqaddimah
    • Mujahadah Muqaddimah: adalah Mujahadah yang dilaksanakan dalam resepsi acara-acara Wahidiyah, lazimnya sebagai mata acara yang ketiga atau mujahadah yang di laksanakan sebelum musyawarah-musyawarah Wahidiyah / pengajian-pengajian Wahidiyah. mujahadah tersebut istilah populernya disebut'' Muqodimah Sholawat Wahidiyah''
  11. Mujahadah 40 hari.
    • Akan disampakain disini
Tuntunan imam Mujahadah
Tuntunan imam Mujahadah adalah:
  1. Menerapkan adab - adab Mujahadah seperti tersebut di atas
  2. Sebelumnya mujahadah khusus sendiri.
  3. Mengucapkam salam dengan baik dan menghayati maksudnya, kemudian membaca basmalah dan khuthbah ala Wahdiyah. (Juga agar dihayati maksudnya). Amma ba'du.
  4. Bacaan ILAA HADROTI tidak perlu dibaca keras, cukup dalam hati oleh imam mujahadah.
  5. Banyaknya bilangan pembacaan tiap-tiap bagian disesuaikan dengan ketentuan yang ada.
  6. Untuk mengakhiri melaksanakan tugas menjadi imam mujahadah, menjucap: "wabillaahi Tauflq wal hidaayah wa minar Rosuli SAW Asy Syafa'ah wat Tarbiyah wamin Ghoutsi Hadaz Zaman Rodliyalloohu 'anh An Naddroh wal barokah. Wassalaamu 'alaikum Wr. Wb."

Demikian uraian singkat tentang Mujahadah dalam Sholawat Wahidiyah, kurang lebihnya saya mohon maaf dan koreksinya. Wabillahit taufiq wal hidayah waminar Rosuli Saw. asy-syafa’ah wat-tarbiyah wamin Ghoutsi hadza zaman Ra. An-nadzroh wal barokah wal karomah Wassalamu ‘Alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Tentang Pemilik
rega
Author: regaWebsite: https://www.a-rega.comEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
bottom
Sekilas Tentang Pemilik.
Melalui personal website ini, saya mempublikasikan semua postingan dengan penuh rasa tanggung jawab dan memegang teguh prinsip seorang publisher. https://www.a-rega.com merupakan personal website yang dikelola secara mandiri untuk semua kalangan.
Postingan Terbaru :

Berita terkini

Temui Saya Disini
over 50 social icons module
Populer Artikel
Archive :
Powered by rega
Serikat Buruh
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Instagram
Visitor

Ikuti dan update artikel maupun berita terkini dari website https://www.a-rega.com langsung ke email anda dengan memasukkan email anda dan klik "Berlangganan"

Copyright © 2012. Rega. All Right Reserved - Designed Modified By Rega