Umat islam dilarang merayakan tahun baru masehi
01 Jan 2018 14:23 - regaUmat islam dilarang merayakan tahun baru masehi

Assalamualaikum Wr. Wb berikut ini merupakan postingan pertama di tahun 2018 namun hal ini bukan be [ ... ]

IslamSelengkapnya...
UMK Provinsi Jawa Barat Tahun 2018
29 Des 2017 19:28 - regaUMK Provinsi Jawa Barat Tahun 2018

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Barat untuk tahun 201 [ ... ]

Keputusan GubernurSelengkapnya...
Other Articles

  1. Statistik
  2. Rank

PRchecker.info
Web Analytics
Jalan Nusantara dan Dewi Sartika akan satu arah
24 Jul 2017 14:19 - regaJalan Nusantara dan Dewi Sartika akan satu arah

Salah satu cara yang ditempuh pemerintah kota Depok untuk mengatasi permasalah kemacetan yang sering [ ... ]

Berita TerkiniSelengkapnya...
Ajaran yang terkandung dalam wahidiyah
13 Jun 2017 10:37 - regaAjaran yang terkandung dalam wahidiyah

Assalamualaikum Wr. Wb. Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang Ajaran Yang Ter [ ... ]

WahidiyahSelengkapnya...
Other Articles

Archive

Powered by REGA

Artikel Terbaru

Thumbnail Assalamualaikum Wr. Wb berikut ini merupakan postingan pertama di tahun 2018 namun hal ini bukan berarti untuk menyambut apalagi merayakan ya... karena Perayaan tahun baru masehi tidak sesuai dengan...
More inIslam  Keputusan Gubernur  FPBI  Bonus  

Tags:

dasar hukum bonus tahunanPada dasarnya, dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UU Ketenagakerjaan”) dan peraturan-peraturan pelaksananya, tidak ada ketentuan mengenai gaji ke-14 atau biasa disebut “Bonus Tahunan” yang biasa diberikan perusahaan kepada karyawan pada akhir tahun.

Berdasarkan UU Ketenagakerjaan dan peraturan pelaksananya, yang wajib untuk diberikan oleh pengusaha kepada buruh atau pekerja adalah upah dan THR sebagaimana dapat kita lihat dalam Pasal 88 UU Ketenagakerjaan (mengenai upah) dan Pasal 2 Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. PER-04/MEN/1994 Tahun 1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja di Perusahaan (“Permenaker No. 4/1994”) mengenai THR atau tunjangan hari raya.

Yang termasuk dalam komponen upah berdasarkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. SE-07/MEN/1990 Tahun 1990 tentang Pengelompokan Komponen Upah Dan Pendapatan Non Upah, yaitu:

a. Upah Pokok adalah imbalan dasar yang dibayarkan kepada pekerja menurut tingkat atau jenis pekerjaan yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan.

b. Tunjangan Tetap adalah suatu pembayaran yang teratur berkaitan dengan pekerjaan yang diberikan secara tetap untuk pekerja dan keluarganya serta dibayarkan dalam satuan waktu yang sama dengan pembayaran upah pokok, seperti Tunjangan Isteri; Tunjangan Anak; Tunjangan Perumahan; Tunjangan Kematian; Tunjangan Daerah dan lain-lain. Tunjangan Makan dan Tunjangan Transport dapat dimasukan dalam komponen tunjangan tetap apabila pemberian tunjangan tersebut tidak dikaitkan dengan kehadiran, dan diterima secara tetap oleh pekerja menurut satuan waktu, harian atau bulanan.

c. Tunjangan Tidak Tetap adalah suatu pembayaran yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan pekerja, yang diberikan secara tidak tetap untuk pekerja dan keluarganya serta dibayarkan menurut satuan waktu yang tidak sama dengan waktu pembayaran upah pokok, seperti Tunjangan Transport yang didasarkan pada kehadiran, Tunjangan makan dapat dimasukan ke dalam tunjangan tidak tetap apabila tunjangan tersebut diberikan atas dasar kehadiran (pemberian tunjangan bisa dalam bentuk uang atau fasilitas makan).

Sedangkan, bonus termasuk ke dalam pendapatan non upah, sebagaimana uraian komponen pendapatan non upah berikut ini:

a. Fasilitas: adalah kenikmatan dalam bentuk nyata/natura yang diberikan perusahaan oleh karena hal-hal yang bersifat khusus atau untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja, seperti fasilitas kendaraan (antar jemput pekerja atau lainnya); pemberian makan secara cuma-cuma; sarana ibadah; tempat penitipan bayi; koperasi; kantin dan lain-lain.

b. Bonus: adalah bukan merupakan bagian dari upah, melainkan pembayaran yang diterima pekerja dari hasil keuntungan perusahaan atau karena pekerja menghasilkan hasil kerja lebih besar dari target produksi yang normal atau karena peningkatan produktivitas; besarnya pembagian bonus diatur berdasarkan kesepakatan.

c. Tunjangan Hari Raya (THR), Gratifikasi dan Pembagian keuntungan lainnya.

Oleh karena itu gaji ke-14 atau bonus tahunan memang bukanlah hal yang wajib untuk diberikan oleh pengusaha kepada buruh atau pekerjanya. Ada atau tidak adanya bonus serta berapa besarnya tergantung pada perjanjian antara pengusaha dan buruh contoh : PP (Peraturan Perusahan), PKB (Perjanjian Kerja Bersama).

Jika memang tidak ada perjanjian antara pengusaha dan karyawan mengenai Bonus Tahunan maupun besarannya, maka tidak menjadi masalah apabila perusahaan tidak memberikan Bonus tahunan atau memberikan Bonus Tahunan tersebut kurang dari besarnya satu kali gaji bulanan yang diterima oleh para pekerja.

Akan tetapi, apabila perusahaan dan pekerja telah memperjanjikan atau telah ada kesepakatan akan adanya “gaji ke-14 atau bonus tahunan” berikut besarannya, maka perjanjian tersebut mengikat kedua belah pihak sesuai ketentuan dalam Pasal 1338 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata: “Semua persetujuan yang dibuat sesuai dengan undang-undang berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya. Persetujuan itu tidak dapat ditarik kembali selain dengan kesepakatan kedua belah pihak, atau karena alasan-alasan yang ditentukan oleh undang-undang. Persetujuan harus dilaksanakan dengan iktikad baik.

Dasar Hukum:

  1. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata;
  2. Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan;
  3. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. PER-04/MEN/1994 Tahun 1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja di Perusahaan;
  4. Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. SE-07/MEN/1990 Tahun 1990 tentang Pengelompokan Komponen Upah Dan Pendapatan Non Upah.

Halaman 1 dari 2

Demo Buruh

Serikat Buruh

Copyright © 2017 I Personal Website I Designed Modified By Rega. All Right Reserved