Buruh PT Kyowa Indonesia menolak sistem kerja kontrak dan outsourcing

Federasi Perjuangan Buruh Indonesia26 Juni 2012 Merupakan hari bersejarah bagi buruh PT Kyowa Indonesia khususnya mereka yang statusnya sebagai pekerja / buruh kontrak (PKWTT) dan outsourcing. Semua karyawan atau buruh yang bekerja di PT Kyowa Indonesia pada saat itu bersatu berjuang baik itu buruh kontak, buruh tetap, maupun buruh outsourcing dan dari golongan operator, lider, sampai formen semua ikut berjuang Menolak Sistem Kerja Kontrak dan Outsourcing.

Berawal dari putusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan sebagian uji materi UU nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan perusahaan manapun tidak boleh menggunakan tenaga outsourcing untuk pekerjaan inti. Dengan adanya putusan MK perihal uji materi tersebut, tentunya menjadi napas baru bagi pengaturan hubungan kerja dengan sistem perjanian waktu tertentu maupun tenaga alih daya atau outsourcing.

Semua pihak tentunya harus menghormati putusan MK tersebut, demikian halnya PT Kyowa dan perusahaan lain yang selama ini menggunakan tenaga kontrak / outsourcing. Dampak penyalahgunaan outsourcing, tidak hanya berdampak pada pengesampingan peraturan perburuhan yang disahkan oleh pemerintah, tetapi membuat para buruh outsourching menjadi tidak jelas masa depannya, karena setiap saat bisa dilakukan pemutusah hubungan kerja dan tidak adanya kejelasan hak pesangon buruh dll.

Fakta yang terjadi dalam PT Kyowa adalah perusahaan automotif ini menggunakan tenaga kontrak berkepanjangan terlebih ada sistem off, Selain itu PT Kyowa juga menggunakan tenaga alih daya dalam jumlah yang cukup besar karena hampir separuh dari jumlah pekerjanya merupakan pekerja alih daya / outsourcing dan ditempatkan atau dipekerjakan pada pekerjaan inti.

Maka dari itu Buruh PT Kyowa indonesia Dibawah bendera FPBJ (Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek) dan didukung oleh berbagai element buruh seperti FKI, FSPMI, GSPB, KASBI, SPN, SMI, DLL. Walaupun berbeda aliansi maupun organisasi semua mendukung perjuangan Buruh PT Kyowa indonesia dalam menolak sistem kerja kontrak dan outsourcing yang dilakukan oleh perusahaan ini.

buruh pt kyowa demo

(PT Kyowa di kepung buruh dari berbagai element serikat buruh)

karyawan pt kyowa demo tolak outsourcing

(Srikandi PT Kyowa)

buruh perempuan pt kyowa demo

Demo buruh PT Kyowa berlangsung dihalaman depat PT Kyowa dilakukan dengan penuh semangat pantang menyerah serta tidak kenal lelah, karna aksi tersebut terbilang cukup lama kurang lebih dari pukul 10.00 s/d 20.00. Alhasil Puji serta syukur menghasilkan 8 poin kesepakatan antara Management PT Kyowa Indonesia dengan PTP FPBJ PT Kyowa Indonesia diantaranya :

  1. Bahwa perusahaan PT Kyowa Indonesia akan menghapus sistem kerja outsourcing
  2. Untuk karyawan outsourcing bermasa kerja di atas 2 tahun yang perhitungan masa kerjanya dihitung dari awal masuk PT Kyowa Indonesia baik itu yang statusnya masih bekerja maupun yang dirumahkan, diangkat statusnya menjadi karyawan tetap / PKWTT PT Kyowa Indonesia, dan termasuk yang sudah mengalami perubahan
  3. Untuk karyawan outsourcing bermasa kerja kurang dari 2 tahun yang perhitungan masa kerjanya di hitung dari awal masuk PT Kyowa Indonesia baik yang masih bekerja maupun yang dirumahkan, diangkat statusnya menjadi karyawan kontrak PT Kyowa Indonesia dengan masa kontrak minimal 11 bulan
  4. Karyawan kontrak PT Kyowa Indonesia bermasa kerja lebih dari 1 tahun dan karyawan kontrak yg sudah mengalami masa off dan dirumahkan diangkat menjadi karyawan tetap PT Kyowa Indonesia/PKWTT
  5. Untuk hari ini dianggap libur dan bilamana masuk maka di hitung lembur (26 Juni 2012)
  6. Untuk Perundingan PKB yg sedang berjalan harus di laksanakan sesuai dengan perjanjian sampai dengan akhir bulan desember 2012
  7. Bahwa aksi mogok spontan hari ini, pihak perusahaan tidak akan melakukan tindakan balasan dalam bentuk apa pun (Surat Peringatan / SP, Pemutusan hubungan kerja / PHK, demosi, mutasi dan rotasi)
  8. Bahwa untuk penyelesaian administratif sehubungan dengan kesepakatan di atas, selambat lambat nya 1 September 2012

Pencapaian yang sangat luar biasa hal diatas membuktikan bahwa dengan Persatuan kaum buruh hal hal yang dianggap tidak mungkin dengan persatuan akan menjadi mungkin, Terus Berjuang Menghapuskan Perdagangan manusia (outsourcing dan kontrak) dan Penghisapan manusia atas manusia (sistem kapitalisme).

Belajar, Berjuang, Berkuasa Untuk Merdeka 100%

  1. Statistik
  2. Rank

PRchecker.info
Web Analytics

Archive

Powered by REGA

Artikel Terbaru

Thumbnail Cikarang tepatnya dijalan Serang-Cibarusah merupakan salah satu titik rawan kecelakaan selain juga salah satu titik rawan kemacetan, pasalnya dalam satu bulan ini saja (Juli, 2017) sudah terjadi 3...

Jalan Serang-Cibarusah rawan kecelakaan
31 Jul 2017 16:58 - regaJalan Serang-Cibarusah rawan kecelakaan

Cikarang tepatnya dijalan Serang-Cibarusah merupakan salah satu titik rawan kecelakaan selain juga s [ ... ]

Kerja bakti warga Cijingga Permai
26 Jul 2017 04:46 - regaKerja bakti warga Cijingga Permai

Warga Perumahan Cijingga Permai tidak kalah solidnya dengan perumahan lainnya, terbukti dengan kegia [ ... ]

Perumahan Cijingga Permai
26 Jul 2017 03:54 - regaPerumahan Cijingga Permai

Perumahan Cijingga Permai berlokasi di Desa Serang Kec. Cikarang Selatan lokasi yang sangat ideal da [ ... ]

HMPC Cikarang, MIC (Megapro Independent Cikarang) ...
25 Jul 2017 08:50 - regaHMPC Cikarang, MIC (Megapro Independent Cikarang) dan COMPAC (Community Megapro Area Cikarang)

3 (Tiga) Komunitas/Club motor Megapro yang berada di Cikarang diantaranya : HMPC Cikarang, MIC (Mega [ ... ]

Other Articles

Demo Buruh

Copyright © 2017 I Personal Website I Designed Modified By Rega. All Right Reserved

Please publish modules in offcanvas position.