Tags:

Kota Depok sebagai kota penyangga Jakarta juga memiliki tempat wisata yang gak kalah dengan kota-kota lainnya. Jika anda ke Depok tentunya anda ingin mengetahui tempat wisata di Depok. Kali ini saya akan memaparkan beberapa tempat-tempat wisata yang ada di Depok yang lumayan terkenal dan bisa menjadi alternatinf untuk liburan anda dan keluarga anda yang berkunjung ke Depok. Banyak yang ditawarkan dikota Depok mulai dari tempat wisata hiburan keluarga, Tempat wisata belanja, wisata kuliner, wisata alam, sampai wisata religi yang ada di kota depok

Tempat tujuan wisata hiburan keluarga

1. Depok Fantasy Water Park

Lokasi : Kota Kembang alias Grand Depok City (GDC) Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat – Indonesia. Tiket masuk Rp 25.000 dari Senin s/d Jumat dan Rp 40.000 sabtu-minggu (hari libur), dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas Wahana air yang ada ditempat ini antara lain Giant Slide, Water Canon, Jungkat-jungkit air, Family Slide, air tumpah, kolam arus dan juga air mancur. wahana Flying Fox yang lintasannya dibuat melintasi kolam renang Water Ball, perahu kecil serta mini ATV atau mobil-mobilan. Selain itu, kini juga sudah tersedia bioskop 4D yang merupakan salah satu keunggulan tempat ini dibandingkan dengan wisata air lainnya.

2. Pondok Zidane

Lokasi : Jl. Rawa Bengkok Rt.03/04 Kampung Perigi, Bedahan-Sawangan Depok, Jawa Barat – Indonesia. Fasilitas : Kolam Renang, Outbound Games, Pemancingan Dan saung / gazebo

3. Taman Wisata Pasir Putih Depok

Lokasi : Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jawa Barat – Indonesia. merupakan taman air dengan berbagai wahana yang bervariasi mulai dari tong tumpah, seluncur, air mancur dan wahana-wahana lain yang tidak kalah serunya. Harga Tiket Hari senin s/d kamis : Dewasa Rp.12.000,- dan Anak-anak Rp.10.000,- Hari jumat : Tutup (Kecuali bila bertepatan dengan hari libur nasional) Hari sabtu dan minggu : Dewasa Rp,15.000,- dan Anak-anak Rp.12.000,-

Tempat tujuan wisata belanja

1. International Trade Centre (ITC) Depok

lokasi : jalan margonda samping kantor walikota depok , dekat stasiun kereta depok baru dan samping terminal depok

2. Depok Plaza

lokasi : jalan margonda raya , depan terminal depok ,dekat stasiun kereta depok baru

3. DEPOK MALL

Lokasi : Jl. Margonda raya

4. Depok Town Square (DETOS)

Lokasi : JL. Margonda raya, deket : stasiun kereta Pondok cina – Depok

5. MARGO CITY

Lokasi : JL. Margonda raya , Depan Depok Town Square (DETOS)

6. Depok Trade Center

Lokasi : Jl. Raya Sawangan , Komplek perumahan Maharaja ( Mampang Depok )

7. Cinere Mall

Lokasi : JL. Cinere Raya

Tempat Tujuan Wisata Kuliner

Ada banyak jenis makanan khas maupun unik yang pastinya menggugah selera bagi anda yang berkunjung kedepok, jika anda ingin mencoba silahkan anda jalan – jalan terutama di jalan Margonda disitu anda akan menjumpai berbagai jenis kuliner.

Tempat Tujuan Wisata Alam / Lingkungan

1. Studio alam TVRI

Lokasi : JL. Raden Saleh Kecamatan Sukmajaya, Depok Dibangun thn 1980 seluas 28 Ha, Di dalam kawasan studio ini terdapat banyak pohon rindang, beberapa buah danau dan bangunan-bangunan rumah-rumah tradisional. Awalnya studio alam ini digunakan sebagai lokasi shooting film (sinetron) dengan tema latar belakang alam dan hutan dari sejumlah program acara TVRI pada tahun 1980-an. Harga tiket / parkir masuk : pejalan kaki Rp. 1000 , Sepeda motor Rp.5000 , Mobil Rp.10.000.

2. Cagar Alam Kota Depok

Lokasi : JL raya cagar alam Kel. Ratu Jaya Kec Pancoran Mas Kota Depok (dekat dengan stasiun kereta api Depok Lama) Cagar alam Depok ditetapkan sejak era Hindia Belanda dan merupakan cagar alam pertama yang ada di indonesia dulu disebutnya Taman Hutan Raya (Tahura). Tempat ini memang belum menjadi tempat wisata umum, tapi mempunyai nilai plus potensi sebagai tempat wisata alam , yang belum dikembangkan oleh pemda depok. Menempati lahan sekitar 6 Hektar.

3. Godong Ijo

Lokasi: Jl Cinangka Raya Km. 10 No. 60, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Sawangan-Depok Merupakan tempat wisata yang menawarkan banyak program yang menyenangkan untuk para pengunjungnya. Fasilitas : Young Greeners, yang dirancang untuk menghibur sekaligus merangsang anak-anak supaya lebih peduli terhadap lingkungan.

4. Perkebunan Belimbing

Lokasi: Jl. Raya Sawangan No. 16B, Kecamatan Pancoran Mas Penggemar belimbing mendapatkan tempatnya di Kota Depok. Kunjungi dan nikmatilah segarnya buah belimbing di kota ini. Sejak 29 Oktober 2007, belimbing menjadi salah satu ikon Kota Depok karena sangat cocok dengan kondisi tanah di wilayah ini.

5. kampung 99 ( Kampung Rusa )

Lokasi: Jl. KH. Muhasan II, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok 16515 (seberang Mesjid Kubah Mas Dian Al Mahri) Kampung 99 atau sering disebut kampong rusa menawarkan wisata bagi keluarga yang mengangkat konsep menyatu dengan alam. Di sini Anda dapat mengadakan acara khusus, seperti outbound untuk anak atau dewasa, arisan, family gathering, ulang tahun, menginap di rumah kayu, memancing, atau hanya untuk menikmati udara segar tanpa terganggu oleh bisingnya suara dan polusi asap kendaraan, serta makan makanan sehat di resto alami.

6. Situ / Danau

Terdapat banyak Situ / Danau di Kota Depok namun secara umum kondisi situ yang ada di Kota Depok masih memprihatinkan terdapat 26 situ di kota ini. Sedangkan jika mengacu pada Perda No. 2 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah No 12 Tahun 2001 tentang RT/RW Depok Tahun 2000-2010, jumlah situ yang ada di Kota Depok berjumlah 30 situ. Saya tidak merekomendasikan anda ke situ yang dikota Depok karna itu tadi kurangnya perhatian pemda setempat namun jika ingin berkunjung berikut situ yang menurut saya masih layak untuk tempat tujuan anda berwisata :

  • Situ Pengasinan ( Sawangan ) Berada di daerah pengasinan sawanganan Fasilitas : jalur pejalan kaki, dan perahu bebek ada.
  • Situ UI ( Kampus Universitas Indonesia ) Berada dalam Lingkungan Universitas Indonesia ada beberapa situ yang terpisah Fasilitas : jalur pejalan kaki, Jalur Sepeda, Parkir
  • Situ Cilangkap Situ cilangkap berada di daerah cilangkap depok , dekat dengan perbatas cibinong atau kabupaten cibinong, sudah di conblok dan dibuat trotoar di sepanjang situ dapat dikembangkan sebagai tempat wisata air.
  • Situ Pengasinan Kota Depok Situ pengasinan terletak di wilayah kelurahan pengasinan sawangan kota depok merupakan daerah wisata air untuk keluarga di kota depok, dengan tersedianya Fasilitas : perahu bebek , flying fox , taman penghijauan maupun tempat istirahat dengan warung -warung yang ada di tepi situ .serta daerahnya yang udaranya sejuk , dengan latar belakang gunung salak

Tempat Tujuan Wisata Religi

1. Masjid Kubah Emas Depok

Lokasi : Jl Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok, Jawa Barat. Masjid Dian Al Mahri dikenal juga dengan nama Masjid Kubah Emas dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten, Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai sekitar akhir tahun 2006. Masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006

2. Makam Keramat Beji

Lokasi: Jalan Kemiri Muka, Desa Kramat Jaya, Kecamatan Beji Makam/Petilasan Mbah Raden Wujud Beji, merupakan bukti sejarah kehadiran tentara Islam yang banyak ditemukan di banyak tempat di Depok.

Saya rasa cukup untuk destinasi wisata di kota Depok jika masih ada yang kurang bisa disampaikan melalui kotak komentar dibawah postingan ini, Disedot dari berbagai sumber dan semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan Informasi Tempat Wisata di Depok Jawa Barat.

Jadi, manakah diantara tempat makan di atas yang menjadi favorit kamu selama di Depok?

Kota Depok dikenal banyak orang sebagai kota belimbing, Menurut masyarakat asli Depok Kata Depok berasal dari kata bahasa Sunda yang berarti pertapaan atau tempat bertapa. Namun ada yang menyebutkan juga bahwa kata DEPOK berasal dari sebuah nama Padepokan Kristiani yang bernama “De Eerste Protestante Organisatie van Christenen”. Semboyan mereka Deze Einheid Predikt Ons Kristus juga disingkat Depok. Atau ada juga yang mengatakan akronim dari De Eerste Protestants Onderdaan Kerk yang artinya adalah Gereja Kristen Rakyat Pertama.

Kota Depok – Zaman Prasejarah

Kota depok telah dihuni sejak zaman prasejarah ini dibuktikan dengan penemuan benda bersejarah di wilayah kota depok dan sekitarnya. Penemuan tersebut itu berupa Menhir “Gagang Golok”, Punden berundak “Sumur Bandung”, Kapak Persegi dan Pahat Batu, yang merupakan peninggalan zaman megalit. Juga penemuan Paji Batu dan sejenis Beliung Batu yang merupakan peninggalan zaman Neolit.

Kota Depok – Zaman Padjajaran

Depok zaman Padjajaran pada abad ke-14 Kerajaan Padjajaran diperintah seorang raja yang diberi gelar Sri Baduga Maharaja Ratu Haji di Pakuan, yang lebih dikenal dengan gelar Prabu Siliwangi. Di sepanjang Sungai Ciliwung terdapat beberapa kerajaan kecil di bawah kekuasaan kerajaan ini, diantaranya Kerajaan Muara Beres.

Sampai Karadenan terbentang benteng yang sangat kuat sehingga mampu bertahan terhadap serangan pasukan Jayakarta yang dibantu Demak, Cirebon dan Banten. Depok berjarak sekitar 13 km sebelah utara Muara Beres. Jadi wajar apabila Depok dijadikan front terdepan tentara Jayakarta saat berperang melawan Padjajaran. Hal itu dibuktikan dengan:

  • Masih terdapatnya nama-nama kampung atau desa yang menggunakan bahasa Sunda antara lain Parung Serang, Parung Belimbing, Parung Malela, Parung Bingung, Cisalak, Karang Anyar dan lain-lain.
  • Dr. NJ. Krom pernah menemukan cincin emas kuno peninggalan zaman Padjajaran di Nagela, yang tersimpan di Museum Jakarta.
  • Tahun 1709 Abraham Van Riebeck menemukan benteng kuno peninggalan kerajaan Padjajaran di Karadenan.
  • Di rumah penduduk Kawung Pundak sampai sekarang masih ditemukan senjata kuno peninggalan zaman Padjajaran. Senjata ini mereka terima turun-temurun.

Kota Depok – Zaman Islam

Depok Zaman IslamPengaruh Islam masuk ke Depok diperkirakan pada 1527, dan masuknya agama Islam di Depok bersamaan dengan perlawanan Banten dan Cirebon setelah Jayakarta direbut Verenigde Oost-lndische Compagnie (VOC) yang pada waktu itu berkedudukan di Batavia. Hubungan Banten dan Cirebon setelah Jayakarta direbut VOC harus melalui jalan darat. Jalan pintas terdekat yaitu melalui Depok. Karena itu tidaklah meng-herankan kalau di Sawangan dan banyak peninggalan- peninggalan tentara Banten berupa :

  • Kramat Beji yang terletak antara Perumnas Depok I dan Depok Utara. Di sekitar tempat itu terdapat tujuh sumur dan sebuah bangunan kecil yang terdapat banyak sekali senjata kuno seperti keris, tombak dan golok peninggalan tentara Banter saat melawan VOC. Dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah itu bukanlah petani melainkan tentara pada jamannya. Informasi dari Kuncen turun temurun, bahwa tempat itu sering diadakan pertemuan antara tentara kerajaan Banten dan Cirebon. Di tempat itu biasanya diadakan latihar bela diri dan pendidikan agama yang sering disebut pade-pokan. Kemungkinan nama Depok juga bersumber dari Pa-depokan Beji.
  • Di Pandak (Karadenan) terdapat masjid kuno yang merupakan masjid pertama di Bogor. Lokasi masjid ini dengan Bojong Gede hanya terhalang Sungai Ciliwung. Masjid ini dibangun Raden Safe’i cucu Pangeran Sangiang bergelar Prabu Sura-wisesa, yang pernah menjadi raja mandala di Muara Beres. Di rumah-rumah penduduk sekitar masjid ini masih terdapat senjata-senjata kuno dan beberapa buah kujang peninggalan zaman Padjajaran. Jadi masjid dibangun tentara padjajaran yang masuk Islam kurang lebih tahun 1550.
  • Di Bojong Gede terdapat makam Ratu Anti atau Ratu Mae-munah, seorang prajurit Banten yang berjuang melawan padja-jaran di kedungjiwa. Setelah perang selesai suaminya (raden pakpak) menyebarkan agama Islam di Priangan, sedangkan ratu anti sendiri menetap di bojonggede sambil menyebarkan agama Islam sampai meninggal.

Kota Depok – Zaman Kolonial

Tags:
  1. Statistik
  2. Rank

PRchecker.info
Web Analytics

Archive

Powered by REGA

Artikel Terbaru

Thumbnail Cikarang tepatnya dijalan Serang-Cibarusah merupakan salah satu titik rawan kecelakaan selain juga salah satu titik rawan kemacetan, pasalnya dalam satu bulan ini saja (Juli, 2017) sudah terjadi 3...

Jalan Serang-Cibarusah rawan kecelakaan
31 Jul 2017 16:58 - regaJalan Serang-Cibarusah rawan kecelakaan

Cikarang tepatnya dijalan Serang-Cibarusah merupakan salah satu titik rawan kecelakaan selain juga s [ ... ]

Kerja bakti warga Cijingga Permai
26 Jul 2017 04:46 - regaKerja bakti warga Cijingga Permai

Warga Perumahan Cijingga Permai tidak kalah solidnya dengan perumahan lainnya, terbukti dengan kegia [ ... ]

Perumahan Cijingga Permai
26 Jul 2017 03:54 - regaPerumahan Cijingga Permai

Perumahan Cijingga Permai berlokasi di Desa Serang Kec. Cikarang Selatan lokasi yang sangat ideal da [ ... ]

HMPC Cikarang, MIC (Megapro Independent Cikarang) ...
25 Jul 2017 08:50 - regaHMPC Cikarang, MIC (Megapro Independent Cikarang) dan COMPAC (Community Megapro Area Cikarang)

3 (Tiga) Komunitas/Club motor Megapro yang berada di Cikarang diantaranya : HMPC Cikarang, MIC (Mega [ ... ]

Other Articles

Demo Buruh

Copyright © 2017 I Personal Website I Designed Modified By Rega. All Right Reserved

Please publish modules in offcanvas position.